Hal Terbaru :

Tuesday 7 May 2019

Mengenal Bintang Antares dan Fakta Menariknya





AstroNesia Antares (α Scorpio / Alpha Scorpio) adalah bintang super raksasa merah di rasi bintang scorpio dalam galaksi Bima Sakti dan bintang paling terang ke-16 pada langit malam (kadang-kadang didaftarkan sebagai paling terang ke-15). Bersama dengan Aldebaran, Spica, dan Regulus, bintang ini merupakan salah satu dari empat bintang paling terang di dekat ekliptika.

Bintang ini termasuk salah satu dari 20 bintang paling terang di langit malam,meskipun kecerahannya bervariasi.Bintang ini memiliki magnitude antara 0,88 dan 1,16Selain ituia memiliki tetangga bintang kecil bernama Antares B yang terlihat putih kebiruan dan kadang-kadang disebut "percikan kecil berkilauan zamrud".

Mungkin anda akan bertanya, Bagaimana cara menemukan Antares di langit malam? Mudah sekali. Karena Antares merupakan bintang paling terang di rasi bintang Scorpius, Anda tinggal menemukan rasi bintang tersebut dan mencari bintang terang berwarna kemerahan; itulah Antares.

Antares adalah sebuah bintang yang benar-benar besar, dengan radius lebih dari 3 Satuan Astronomi (SA), dimana 1 SA adalah jarak rata-rata Bumi ke Matahari (150 juta km). 
Antares diklasifikasikan sebagai bintang maharaksasa merah kelas-M1. M1 menunjukan bahwa Antares memiliki warna kemerahan dan memiliki suhu yang lebih dingin dari bintang-bintang lainnya. Suhu permukaan Antares diperkirakan sekitar 5800 derajat Fahrenheit.

Meskipun Antares memiliki suhu permukaan yang relatif rendah, namun luas permukaan Antares sangat luar biasa. Hal tersebut membuat bintang ini tampak sangat cerah. Bahkan, Antares mendekati 11.000 kali kecemerlangan Matahari yang merupakan bintang kelas-G2.

Si bintang merah Antares mirip tapi agak lebih besar dari bintang merah lain yang cukup terkenal, yakni Betelgeuse di rasi bintang Orion. Walau begitu, jika dibandingkan, Betelgeuse muncul sedikit lebih terang dari Antares di langit malam Bumi kita.

Data satelit Hipparcos menempatkan Antares terletak pada jarak sekitar 604 tahun cahaya, berbeda dengan jarak Betelgeuse yang relatif lebih dekat, yakni 428 tahun cahaya. Hal ini cukup menjelaskan mengapa bintang yang sebenarnya berdiameter lebih besar namun muncul lebih redup dari langit malam Bumi.
Seperti semua jenis bintang raksasa kelas-M, Antares telah dekat dengan akhir hayatnya. Suatu hari nanti, Antares akan kehabisan bahan bakar dan akan mengalami keruntuhan oleh gravitasinya sendiri. Antares akan meledak sebagai supernova besar, yang pada akhirnya akan meninggalkan bintang neutron kecil atau mungkin lubang hitam.

Ledakan supernova dari Antares ini tidak dapat diprediksi kapan terjadinya, bisa besok atau jutaan tahun dari sekarang. Namun yang jelas, supernova ini akan tampak spektakuler dilihat dari Bumi. Dan tenang saja, supernova Antares berada cukup jauh sehingga tidak ada kemungkinan bahaya untuk planet kita.

Lokasi Antares

Hasil gambar untuk lokasi bintang antares
Letak Antares dalam rasi Scorpion
Antares, juga disebut alpha Scorpii, adalah bintang paling menonjol di konstelasi Scorpius (Scorpion).Antares berjarak sekitar 604 tahun cahaya dari Bumi.Bintang ini memiliki diameter 700 kali diameter Matahari,cukup besar untuk menelan orbit Mars, jika bintang ini berada di sistim tata surya.

Walaupun Antares besar,tapi sebenarnya dia lebih dingin dari Matahari.Suhu permukaan bintang ini sekitar 6.500 F (3.593 C) dibanding dengan suhu Matahari sekitar 11.000 F (6.093 C).

 http://astronesia.blogspot.com/
Ilustrasi Antares (Merah) dan bintang pendampingnya Antares B (Putih)


Antares Dalam Sejarah

Kata "Antares" berarti "anti-Ares" atau "anti-Mars," mungkin karenaastronom di zaman kuno berpikir bahwa bintang kemerahan initampak mirip dengan planet merah (Mars).

Penampilan cerah Antares 'mendapat perhatian di banyakkebudayaan yang lebih tua, menurut Richard Hinckley Allen. DiPersia sekitar 3000 SM,Antares dikenal sebagai Satevis, salah satu dari empat "bintang royal".Di Mesir, Antares adalah simbol dari dewi Selkit (yang sering disebut sebagai Dewi Scorpion.)

Antares Di Masa Modern

Menurut NASA,bintang ini sudah memakan semua hidrogen dan bersinar redup karena fusi elemen semakin berat.Gambar waktupaparan dari daerah disekitar Antares mengungkapkan daerah gas yang luar biasa di tunjukkan dengan warna kuning, biru dan merah yang diambil oleh Royal Observatory di Edinburgh dan Observatorium Anglo-Australia.


Hal ini disebabkan oleh kombinasi dari awan gas yang atom-atomnya di refleksikan cahaya ultraviolet yang berasal dari Antares A dan Antares B.Selain itu, daerah ini memiliki beberapa objek lainnya yang berkerumun di bidang pandang, antara lain nebula(awan gas),Rho Ophiuchi dan M4, dan cluster globular (atau gugs bintang).

Antares menjadi inspirasi bagi nama sebuah roket yang sedang di uji oleh Orbital Sciences. Pada tanggal 21 April 2013, roketperusahaan swasta ini diluncurkan ke ruang angkasa untuk pertama kalinya dari Virginia's Mid-Atlantic Regional Spaceport (MARS), yang berlokasi di NASA's Wallops Flight Facility.

Berikut ini adalah fakta tentang Bintang Raksasa Antares :

1. Antares berjarak 550 tahun cahaya dari Bumi dan bintang paling terang di konstelasi Scorpio. 

2. Antares adalah sistim dengan dua bintang yang terdiri dari bintang 
supergiant merah Antares A dan bintang yang lebih kecil tapi lebih panas Antares B.

3. Antares B 10 kali lebih besar dari Matahari dan 150 kali lebih terang dari Matahari kita,tetapi karena dia berdampingan dengan bintang induknya yang sangat besar, menyebabkan Antares B tidak dapat dilihat tanpa bantuan teleskop.


4. Antares 10.000 kali lebih terang dari Matahari.  


5. Bintang-bintang besar seperti Antares membakar bahan bakar mereka sangat cepat, sebagai hasilnya mereka hidup beberapa juta tahun.

6.  Antares saat ini berusia sekitar 12 juta tahun dan mendekati akhir hidupnya dan diperkirakan akan meledak menjadi Supernova dalam jutaan tahun kemudian.

7.  Karena warna bintang ini berwarna merah seperti Mars, orang Yunani kuno menamakannya Antares (sama dengan-Ares) - ("sama dengan-Mars"). Namun, beberapa sarjana berspekulasi bahwa bintang ini mungkin telah dinamai oleh orang Arab terlebih dahulu dengan nama Antar , atauAntarah bin Syaddad, seorang pahlawan Arab.

8.  Antares A memiliki radius 850 kali lebih besar dari Matahari. Jika ditempatkan di Tata Surya, tepi bintang ini akan mencapai orbit luar Mars.


9.  Antares A diperkirakan memiliki massa 18 kali lebih besar dari massa Matahari.


10. Antares A diperkirakan memiliki suhu permukaan sekitar 3000C (5400 F), panasnya hanya setengah dari panas Matahari.

Demikian yang bisa saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf :)


                https://www.infoastronomy.org

No comments:

Post a Comment

Back to top